Aneh! Wanita Ini Ngaku Dirinya Adalah Seekor Ayam


Jakarta

Bukan merasa seperti manusia, wanita ini mengaku bahwa dirinya adalah seekor ayam. Dari cara berbicara hingga perilakunya semuanya persis ayam.

Beberapa dokter di rumah sakit KU Leuven University di Belgia baru-baru ini dihadapkan dengan kasus yang aneh. Kasus itu meliputi seorang wanita berusia 54 tahun yang menganggap dirinya adalah seekor ayam.

Baca Juga: Bukan Ayam Biasa, 5 Ayam Ini Harganya Capai Puluhan Juta

Wanita Mengaku Jadi Seekor AyamWanita Mengaku Jadi Seekor Ayam Foto: iStock/Oddity

Dilansir dari Oddity Central (01/08), wanita yang namanya dirahasiakan ini sebelumnya memiliki kehidupan yang normal. Ia sudah menikah dan memiliki pekerjaan yang stabil di bidang farmasi. Ia juga tidak memiliki catatan menggunakan obat-obatan terlarang dan sebagainya.

Namun suatu hari, salah satu saudaranya menemukannya tengah mengerecutkan pipinya dan berkokok seperti ayam jantan. Karena bingung dengan perilaku aneh wanita itu, saudaranya langsung membawanya ke rumah sakit terdekat.

Tapi wanita itu malah mengaku bahwa dia berpikir ia merupakan seekor ayam. Ia juga merasakan sensasi baru di antara kedua kakinya. Pihak dokter langsung mendiagnosanya dengan gangguan mental bernama Zoanthropy.

Wanita Mengaku Jadi Seekor AyamWanita Mengaku Jadi Seekor Ayam Foto: iStock/Oddity

Zoanthropy sendiri merupakan gangguan mental di mana seseorang percaya bahwa dirinya adalah seekor hewan. Anehnya tak berapa lama wanita itu mengalami kejang-kejang, dan ketika terbangun ia sudah kembali normal.

Ia bahkan tidak mengingat pernah mengaku dan berperilaku seperti seekor ayam. Bahkan ia merasa malu ketika dokter dan keluarganya menceritakan apa yang terjadi.

“Zoanthropy klinis merupakan delusi langka yang membuat seseorang berpikir bahwa dia adalah hewan. Ada beberapa pandangan berbeda tentang patogenesisnya. Khayalan ini dapat terjadi dengan gangguan kejiwaan. Kaitannya dari gangguan struktural sampai fungsional otak,” jelas perwakilan rumah sakit KU Leuven University.

Wanita Mengaku Jadi Seekor AyamWanita Mengaku Jadi Seekor Ayam Foto: iStock/Oddity

Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata wanita itu sempat mengalami depresi setelah salah satu anggota keluarganya meninggal. Tetapi tidak parah.

Sementara menurut penelitian yang diterbitkan oleh Tijdschrift voor Psychiatrie, hanya ada 56 kasus Zoanthropy yang tercatat di antara tahun 1850-2012. Membuat gangguan mental ini sangat langka.

Selain ayam, beberapa orang yang pernah mengalami Zoanthropy mengaku sebagai anjing, singa, macan, ikan hiu, kuda, ular, beruang sampai lebah. Gejala Zoanthropy ini biasanya bertahan dari beberapa jam sampai beberapa dekade.

Baca Juga: Iseng Banget! Pria Ini Bikin Istrinya Jadi ‘Ayam Goreng’ Saat Sedang Pulas

Simak Video “Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)



Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *