Bagaimana Cara Membedakan Batuk Biasa dan Gejala Virus Corona?



Jakarta

Batuk adalah salah satu gejala infeksi virus Corona yang paling umum. Batuk juga kerap disertai dengan demam dan kelelahan yang menjadikan seseorang mengalami pilek atau flu. Tapi bagaimana cara membedakan batuk biasa dan gejala virus Corona?

Penting untuk melihat tanda infeksi COVID-19 sejak dini untuk menghindari risiko penularan dan potensi komplikasi. Salah satunya adalah dengan mengamati jenis batuk yang Anda alami.

“Batuk yang merupakan gejala COVID-19 itu kering, persisten, dan bisa membuat orang sesak napas. Ini karena (COVID-19) mengiritasi jaringan paru-paru,” kata Maja Husaric dan Vasso Apostolopoulos dari Universitas Victoria, dikutip dari Medical Daily.

Seiring waktu, jaringan paru yang terinfeksi terisi cairan. Lalu pasien akan mengalami lebih sering sesak napas karena tubuh berusaha mendapat oksigen yang cukup.

Tapi batuk juga bisa karena kondisi lain, bukan menjadi gejala virus Corona. Batuk kering, yang seringkali disebabkan oleh COVID-19, biasanya tidak menghasilkan dahak dan dimulai dari belakang tenggorokan dan menyebabkan suara serak.

Batuk ‘biasa’ biasanya disertai dengan dahak. Adanya cairan di saluran udara membuat suara ‘basah’ saat batuk.

Tapi batuk kering bisa menjadi berlendir dalam beberapa kondisi tertentu. Misalnya orang dengan pneumonia biasanya mengalami batuk kering pada gejala awal tetapi saat infeksi berkembang, kantung udara paru terisi sekresi peradangan yang menyebabkan batuk berdahak.

Jika ingin memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek kondisi Anda, berikut adalah pertanyaan umum yang diajukan dokter tentang batuk:

– Berapa lama batuk berlangsung?
– Kapan batuknya paling parah? Malam, siang, atau sepanjang hari?
– Bagaimana suara batuknya?
– Apakah menimbulkan gejala lain seperti muntah, pusing, atau sulit tidur?
– Seberapa buruk batuk Anda? Apakah sampai mengganggu kegiatan sehari-hari?

Simak Video “Punya Gejala Demam Tinggi, Ini Beda DBD dan COVID-19
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)



Sumber Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *